MBTI : Apa Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian ESTP?

ESTP merupakan seorang ekstrovert memahami informasi berdasarkan realita (sensing), mengambil kesimpulan atau keputusan melalui proses berpikir (thinking), dan individu yang mampu beradaptasi dengan baik (perceiving).

Kerpibadian, PIO9823 Views

Logos Indonesia – Setiap individu memiliki keunikannya masing-masing. Salah satu keunikan yang bisa diketahui yaitu dari kepribadian mereka. Sadarkah kamu bahwa kepribadian yang kamu miliki bisa jadi berbeda dengan temanmu atau bahkan saudara yang dibesarkan dengan Orang Tua yang sama sekalipun.

Dalam MBTI, kepribadian sendiri dibagi ke dalam 16 jenis kepribadian yang merupakan pecahan dari empat domain, yaitu introvert – ekstrovert, sensing – intuition, thinking – feeling, dan judging – perceiving. Adapun 16 kepribadian yang diungkap adalah ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INFP, INTJ, INTP, ESTP, ESTJ, ESFP, ESFJ, ENFP, ENFJ, ENTP, dan ENTJ.

Pada artikel ini kamu akan secara khusus membahas kepribadian ESTP, mulai dari pengertian, karakteristik, kelebihan dan kekurangan, hingga pekerjaan yang cocok bagi seseorang dengan kepribadian ESTP.

Apa Itu ESTP?

Kepribadian ESTP
Kepribadian ESTP

ESTP sendiri merupakan tipe kepribadian yang outgoing, energik, pandai berteman, tetapi tegas. Mereka merupakan pribadi yang senang bergaul dan membangun interaksi dengan orang-orang disekitarnya. Tidak heran orang dengan kepribadian ESTP ini memiliki banyak teman.

Orang dengan kepribadian ESTP merupakan orang-orang yang mampu menciptakan suasana menyenangkan bagi sekitarnya. Hal ini dikarenakan selera humor yang dimilikinya. ESTP sendiri merupakan singkatan dari ekstrovert, sensing, thinking, dan perceiving.

Ekstrovert artinya orang dengan ESTP merupakan pribadi yang senang membangun interaksi dengan orang lain. Mereka seakan mendapat tenaga lebih jika berkomunikasi dengan orang lain. Tidak jarang mereka menghabiskan banyak waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Sensing artinya orang dengan ESTP merupakan individu yang realistis. Mereka akan mendeskripsikan dunia sesuai apa yang dilihat dengan mata kepala mereka sendiri. Mereka juga cenderung berpikir praktis dan rasional.

Thinking artinya orang dengan ESTP adalah orang yang mampu berpikir logis dalam mengambil keputusan. Mereka adalah orang-orang yang menganalisis dan memikirkan sebab akibat dari setiap tindakan yang diambil.

Perceiving artinya orang dengan ESTP adalah orang yang fleksibel dan mampu beradaptasi dengan baik, bahkan pada situasi yang baru dijumpai.

Dengan demikian, seseorang dengan kepribadian ESTP merupakan seorang ekstrovert memahami informasi berdasarkan realita (sensing), mengambil kesimpulan atau keputusan melalui proses berpikir (thinking), dan individu yang mampu beradaptasi dengan baik (perceiving).

Karakteristik ESTP

Karakteristik ESTP
Karakteristik ESTP

Adapun karakteristik dari orang-orang yang memiliki kepribadian ESTP adalah sebagai berikut:

Suka bersosialisasi

Sama halnya dengan kepribadian ekstrovert lainnya, seorang ESTP sangat senang bersosialisasi dan bergabung dengan kegiatan-kegiatan sosial. Mereka akan dengan mudah membangun pembicaraan dan menciptakan suasana yang nyaman. Sayangnya hal tersebut membuat orang dengan ESTP sering lupa waktu saat berbicara dengan orang.

Baca Artikel Kami Lainnya : MBTI : Ketahui Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian ISFP

Mudah beradaptasi

Selain suka bersosialisasi, seorang ESTP juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka adalah orang yang toleran atau bisa menerima perbedaan dari tiap individu.

Tegas

Seorang ESTP juga dikenal sebagai pribadi yang tegas dan karismatik. Meski demikian, mereka cukup fleksibel dan bisa menerima perubahan. Dengan demikian, seorang ESTP tidak hanya bersikeras terhadap apa yang diinginkan semata.

Praktis

Kepribadian ini lebih menyukai hal-hal yang praktis dibandingkan teori atau imajinatif. Hal tersebut membuat mereka lebih teliti terhadap hal-hal detail. Mereka akan lebih senang jika diterjunkan langsung untuk praktek di lapangan, dibanding mendapatkan teori lisan maupun tulisan.

Tidak peka

Karena kemampuan mereka dalam berpikir logis terkadang membuat mereka mengabaikan perasaan-perasaan orang lain. Hal ini membuat mereka tidak mampu memahami situasi berdasarkan perasaan atau biasa disebut dengan tidak peka.

Apakah kamu merasa menjadi bagian dari ESTP? Untuk memastikan hal tersebut, tidak ada salahnya mengikuti Psikotes MBTI agar kamu mengetahui kepribadian yang kamu miliki. Kamu juga akan terbantu dalam menentukan jurusan kuliah dan pekerjaan yang cocok untuk kamu.

Kelebihan dan Kekurangan ESTP

Kelebihan dan Kekurangan ESTP
Kelebihan dan Kekurangan ESTP

Seorang ESTP memiliki kelebihan dan kekurangan yang menjadikan mereka unik dan menarik sama halnya dengan jenis kepribadian lainnya. Adapun kelebihan dari seorang ESTP adalah mereka merupakan pribadi yang ramah, energik, persuasif, logis, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Hal tersebut membuat orang dengan ESTP memiliki banyak teman dan dikenal baik oleh orang-orang disekitarnya.

Sedangkan kelemahan yang dimiliki oleh ESTP adalah mereka cenderung impulsif, kompetitif, mudah bosan, dan tidak peka terhadap perasaan orang lain. Tidak jarang juga mereka mengabaikan perasaan mereka untuk memenuhi pikiran-pikiran logis di kepala mereka.

Pekerjaan yang Cocok Bagi ESTP

Pekerjaan yang Cocok Bagi ESTP
Pekerjaan yang Cocok Bagi ESTP

Seorang ESTP merupakan pribadi yang memiliki kemampuan untuk berpikir logis. Selain itu, mereka juga cocok bekerja pada posisi yang berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan mereka dalam berkomunikasi, cekatan, dan persuasif, membuat orang dengan ESTP cocok ditempatkan pada posisi penjualan atau pemasaran.

Berdasarkan karakteristik yang dimiliki oleh seorang ESTP, mereka akan cocok ditempatkan sebagai Entrepreneur, Marketing, Pialang Saham, Polisi, Sales, Technical Support, atau posisi lain yang membutuhkan karakteristik dari ESTP.

Baca Artikel Kami Lainnya : MBTI : Ini Dia Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ISTP

Comment