DISC : Pekerjaan Apa yang Cocok untuk Kepribadian Dominance?

Orang dengan kepribadian dominance memiliki jiwa leadership yang baik. Selain itu, mereka juga sering ditempatkan sebagai pemimpin, baik di dunia kerja, pendidikan, bahkan sosialnya.

Kerpibadian, PIO2149 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu pernah mengikuti psikotes kepribadian? Jika pernah, tes kepribadian apa yang kamu gunakan? Tahukah kamu bahwa, Tes DISC merupakan salah satu tes kepribadian yang cukup populer di kalangan masyarakat.

DISC sendiri merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, and Compliance, dimana hal itu merupakan jenis kepribadian yang dapat diungkap dalam Tes DISC. Tidak jarang seseorang memiliki dua bahkan tiga tipe kepribadian yang menonjol. Tes kepribadian ini merupakan tes yang paling sering digunakan untuk keperluan rekrutmen karyawan setelah tes MBTI.

Dalam artikel ini kami akan membahas salah satu dari tipe kepribadian yang diungkap dalam Tes DISC, yaitu kepribadian dominance yang meliputi pengertian, karakteristik, kelebihan dan kekurangan, hingga pekerjaan yang cocok bagi kepribadian dominance.

Apa Itu Kepribadian Dominance?

Apa Itu Kepribadian Dominance
Apa Itu Kepribadian Dominance

Kepribadian dominance biasa disebut dengan tipe kepribadian D. Seperti namanya, orang dengan tipe kepribadian dominance sangat suka mendominasi kondisi tertentu. Mereka memiliki jiwa leadership yang baik. Selain itu, mereka juga sering ditempatkan sebagai pemimpin, baik di dunia kerja, pendidikan, bahkan sosialnya.

Dalam menghadapi individu dengan tipe kepribadian dominance, perlu menyampaikan informasi secara to the point. Hal ini dikarenakan mereka tidak menyukai penyampaian yang bertele-tele atau basa basi. Demikian juga dalam pengambilan keputusan, mereka cenderung mengambil keputusan secara langsung.

Dalam menghadapi masalah, orang dengan kepribadian dominance akan fokus terhadap tugas dan penyelesaian masalah. Mereka juga akan berperan secara aktif untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Karena kemampuan mereka dalam memimpin dan menyelesaikan masalah dengan baik, orang dengan tipe kepribadian dominance sangat takut dimanfaatkan oleh orang lain. Terlebih lagi orang-orang terdekat mereka.

Karakteristik Kepribadian Dominance

Karakteristik Kepribadian Dominance
Karakteristik Kepribadian Dominance

Untuk mengenal lebih dalam dengan tipe kepribadian dominance, Anda perlu tahu karakteristik yang dimiliki, yaitu:

Ambisius

Orang dengan kepribadian dominance merupakan pribadi yang ambisius. Ambisius sendiri merupakan keinginan keras untuk menjadi sukses dan mencapai apa yang diharapkan. Ciri khas dari seorang ambisius adalah, mereka memiliki keinginan untuk maju dan berhasil.

Kepribadian dominance akan bekerja keras untuk mencapai apa yang telah diharapkan. Ambisi yang mereka miliki tidak hanya mengobarkan api semangat mereka saja, melainkan mampu mempengaruhi orang lain untuk dapat bersama-sama mencapai tujuan mereka.

Leadership

Seperti yang sudah dikatakan di awal, seorang dominance memiliki jiwa leadership yang tinggi. Mereka mampu mengarahkan dan membimbing seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Kepribadian DISC

Mampu mengambil keputusan

Karena jika leadership yang dimiliki oleh seorang dominance, mereka mampu untuk mengambil keputusan. Dimana, mengambil keputusan merupakan salah satu tugas seorang pemimpin. Mereka mampu berpikir secara bijak dan mempertimbangkan konsekuensi kedepannya. Mereka juga cenderung bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil.

Kemampuan problem solving

Seseorang dengan kepribadian dominance juga memiliki kemampuan problem solving yang baik. Problem solving sendiri merupakan usaha untuk mencari jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Suka tantangan

Bagi seseorang dengan kepribadian dominance, tantangan merupakan langkah untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Tantangan tidak membuat nyali mereka ciut, melainkan meningkatkan semangat untuk menghadapi tantangan yang ada. Mereka akan menghadapi tantangan bersama segala macam solusi yang telah mereka pikirkan dengan baik.

Berdasarkan karakteristik di atas, apakah kamu merasa bagian dari kepribadian dominance? Untuk memastikan hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mengikuti Psikotes DISC. Selain dapat mengenal dirimu lebih baik, tes kepribadian dapat membantu kamu untuk menentukan jurusan dan pekerjaan yang cocok untuk kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Dominance

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Dominance
Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Dominance

Seseorang demikian kepribadian dominance memiliki kelebihan yang membuat mereka unggul di masyarakat. Adapun kelebihan dari seorang dominance adalah, mereka memiliki kemampuan berkomunikasi secara langsung dengan mengungkap fakta. Selain itu, mereka juga tegas dan konklusif dalam mengambil keputusan. Orang dengan kepribadian ini mampu memotivasi dan mengarahkan orang lain. Meski begitu, mereka juga mampu bekerja di bawah tekanan.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, seseorang dengan kepribadian dominance juga memiliki kekurangan yang membuat mereka cukup manusiawi. Adapun kekurangan dari seorang dominance adalah, mereka cenderung menginginkan solusi tercepat sehingga tidak mampu melibatkan orang lain dalam pemecahan masalah. Selain itu, mereka juga tidak sabar, suka mengkritik, cenderung agresif, dan tidak jarang membuat orang lain stress.

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Dominance

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Dominance
Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Dominance

Karena kemampuan leadership yang baik, orang dengan kepribadian dominance sering kali ditempatkan pada posisi leader, supervisor, atau manajer dalam sebuah perusahaan. Disisi lain, seorang dominance juga memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik dan mampu mengambil keputusan. Hal ini membuat mereka cocok bekerja sebagai hakim, dokter, dan advokat.

Sayangnya, sifat yang spontan dan menyukai hal-hal baru membuat orang dengan kepribadian dominance tidak cocok ditempatkan sebagai admin, akuntan, atau teller bank, dan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan data maupun rutinitas. Pekerjaan semacam ini akan sangat membosankan bagi mereka.

Baca Artikel Kami Lainnya : MBTI : Mengenal Kepribadian ESFP dan Pekerjaan yang Cocok