Job Seekers Wajib Mengetahui Jenis-jenis Interview Ini

Pada umumnya interview kerja dilakukan satu per satu di sebuah ruangan. Namun, apa jadinya jika Anda menemukan jenis interview lain? Simak artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis interview.

PIO2135 Views

Logos Indonesia – Panggilan interview tentunya akan membuat kita menjadi antusias. Namun apa jadinya jika proses interview tidak sesuai dengan yang kita bayangkan? Tentunya hal tersebut akan mengecilkan nyali dan membuat diri merasa tertekan.

Sebagai jobseekers tentunya Anda menginginkan proses interview berlangsung dengan lancar. Interview kerja merupakan salah satu tahapan proses rekrutmen. Untuk menciptakan interview yang lancar, Anda perlu mengenal jenis-jenis interview kerja. Berikut beberapa jenis-jenis interview kerja yang wajib Anda ketahui:

Interview Tradisional

Dinamakan interview tradisional karena proses interview ini merupakan proses interview yang sudah cukup lama dan paling sering digunakan. Interview tradisional juga disebut interview one on one. Proses interview ini tentunya sudah tidak asing lagi. Anda seorang diri akan berhadapan dengan pihak perusahaan, biasanya diwakili HRD dan user. Anda akan diajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui seberapa pantas Anda bergabung di perusahaan tersebut.

Pada proses interview ini Anda biasanya akan dihadapkan oleh beberapa pertanyaan seperti “ceritakan mengenai diri Anda!” pertanyaan ini berguna untuk mengetahui seberapa paham Anda dengan diri Anda dan apakah latar belakang yang Anda miliki sesuai dengan posisi dan perusahaan yang Anda lamar. Pertanyaan lainnya adalah “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?” pertanyaan ini berguna untuk mengetahui seberapa jauh riset yang Anda lakukan mengenai perusahaan tersebut, sekaligus menunjukkan antusia Anda dalam melamar di perusahaan tersebut.

Untuk menghadapi interview tradisional, Anda perlu melakukan latihan interview dan melakukan riset mengenai pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sekiranya akan muncul pada wawancara tersebut. Jangan lupa siapkan jawaban dengan kalimat yang tertata baik.

Interview Kelompok

Interview Kelompok
Interview Kelompok

Berbeda dengan interview tradisional, pada interview kelompok Anda tidak hanya berhadapan dengan pihak perusahaan saja. Melainkan Anda akan berhadapan dengan kandidat calon karyawan lainnya. Interview kelompok biasa dilakukan untuk menemukan kandidat dalam jumlah banyak. Selain dapat mengetahui pemahaman yang Anda miliki, dalam interview kelompok juga akan digali mengenai kemampuan Anda bekerja dalam kelompok.

Pertanyaan yang biasanya muncul saat interview kelompok adalah “apa yang membuat Anda berbeda dengan kandidat yang lain?”  Walaupun sederhana, namun pertanyaan ini bersifat menjebak. Jika jawaban kurang tepat maka akan menimbulkan kesan negatif terhadap Anda. Dalam menjawab pertanyaan ini, Anda perlu memperhatikan jawaban dari kandidat lain dan simpulkan kemampuan apa yang Anda miliki namun tidak ada di kandidat lain. Namun satu hal yang tidak kalah penting adalah hindari menjatuhkan atau menjelekkan kandidat lain. Hal tersebut akan menambahkan nilai negatif terhadap Anda.

Untuk menghadapi jenis interview ini, Anda harus menjadi kandidat yang paling aktif namun tetap dengan pengetahuan yang baik. Jadilah menonjol di antara kandidat lain tanpa menjatuhkan kandidat manapun.

Baca Artikel Kami Lainnya : Masih Menganggur? Inilah Tips Fresh Graduater Cepat Kerja sesuai Keahliannya

Interview Situasional

Interview situasional dilakukan untuk mengetahui kinerja masa depan Anda. Umumnya Anda akan disajikan sebuah kasus dan diminta pendapat Anda untuk menyelesaikan kasus tersebut. Apapun kasus yang diberikan kepada Anda, jawablah sesuai pengetahuan Anda dan spesifik. Ketahui masalah secara lebih dalam, jelaskan permasalahan yang ada dan berikan solusi untuk menanggapi masalah tersebut. Jika Anda memiliki keahlian dalam masalah yang disampaikan, kaitkan keahlian Anda dengan solusi untuk menanggapi masalah tersebut.

Dalam menghadapi tipe wawancara yang satu ini diperlukan kemampuan berpikir kritis yang baik. Luangkan waktu untuk menentukan langkah terbaik apa yang akan Anda gunakan. Berikan tanggapan dengan solusi yang paling tepat dan rangkuman dari apa yang Anda utarakan.

Interview Via Telepon / Video Call

Interview Video Call
Interview Video Call

Interview ini menjadi cukup populer akhir-akhir ini. Setelah kita melewati pandemik covid-19, banyak perusahaan yang memilih untuk membatasi pertemuan dengan orang lain. Proses interview pun tidak jarang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi online. Pada umumnya interview ini tidak jauh berbeda dengan interview tradisional, yang menjadi pembeda utamanya adalah media yang digunakan.

Untuk melakukan interview via telepon / video call pastikan Anda memiliki jaringan yang baik. Selain itu, carilah tempat interview yang tenang dan rapi. Hal tersebut dapat membantu Anda melalui proses interview dengan tenang.

Interview Asah Otak

Jenis interview yang satu ini biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Namun terdapat beberapa perusahaan yang juga menggunakan jenis interview asah otak. Salah satu perusahaan yang menggunakan metode interview ini adalah Microsoft. Tipe interview ini akan mengukur sejauh mana Anda dapat menyelesaikan sebuah masalah. Contoh pertanyaan yang muncul adalah “Jabarkan bagaimana tunanetra melihat warna merah!” Seperti Namanya, interview asah otak akan membuat anda berpikir lebih dalam dari biasanya.

Dalam menghadapi interview ini Anda jangan terkecoh dengan pertanyaan aneh yang muncul. Berikan waktu untuk berpikir sejenak sebelum menjawab dan pastikan jawaban Anda adalah jawaban terbaik. Kunci dari menjawab pertanyaan dari proses interview ini adalah kombinasi dari proses berpikir kritis dengan luasnya pengetahuan umum yang Anda miliki.

Jenis-jenis interview di atas sangat penting untuk diketahui sebagai bekal sebelum menjalankan prosesi interview. Kita tidak bisa memprediksi kendala apa yang akan kita temui dalam proses interview, namun dengan menambah pengetahuan dan terus menggali informasi akan membuat Anda lebih siap untuk melakukan interview. Jika Anda merasa kesulitan untuk menentukan karir apa yang cocok untuk Anda, Anda bisa mencoba tes psikologi karir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Hari Pertama Kerja di Kantor Baru? Coba Tips Masuk Kerja Pertama Kali Ini