Teori Broaden and Build yang Menginspirasi Kita untuk Menciptakan Kebahagiaan

Teori Broaden and Build dari Barbara Fredrickson yang menginspirasi kita untuk menciptakan kebahagiaan kita sendiri.

Sosial, Tokoh3203 Views

Logos IndonesiaApakah kamu ingin hidup dengan lebih bahagia dan berhasil? Apakah kamu tertarik dengan ide untuk mengembangkan potensi diri? Apakah kamu ingin memperluas pengalaman hidupmu? Jika iya, maka teori “Broaden and Build” (membangun dan memperluas) adalah sesuatu yang harus kamu ketahui. Dalam artikel ini, kita akan memahami konsep ini. Sehingga kamu dapat lebih memahami bagaimana teori ini dapat mempengaruhi kehidupanmu.

Teori Broaden and Build

Teori Broaden and Build dikembangkan oleh psikolog Barbara Fredrickson. Mengatakan bahwa emosi positif memainkan peran penting dalam membuka dan memperluas pikiran, tindakan, dan sumber daya kita. Dalam arti yang sederhana, teori ini berpendapat bahwa pengalaman positif memungkinkan kita melihat dan mengambil kesempatan baru. Membantu kita membangun kesehatan psikologis yang berguna dalam jangka panjang.

Tentu saja, kehidupan tidak selalu berjalan mulus. Tantangan dan kesulitan dapat muncul dalam berbagai bentuk. Namun, melalui pemahaman teori Broaden and Build. Maka kita dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik. Dengan membangun kesehatan psikologis melalui pengalaman positif. Kita memiliki fondasi yang kuat untuk mengatasi rintangan dan belajar dari kegagalan.

Pemahaman Dasar Broaden and Build

Teori Broaden and Build mengusulkan bahwa emosi positif memiliki kemampuan untuk memperluas pemikiran kita. Ketika kita mengalami emosi positif seperti kegembiraan, sukacita, atau cinta. Hal itu mempengaruhi cara kita memandang dunia dan merespons situasi yang kita hadapi. Emosi positif membuat kita lebih terbuka terhadap pengalaman baru. Memperluas persepsi kita dan mengubah cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Dalam situasi-situasi positif, kita menjadi lebih mampu melihat peluang, mengeksplorasi ide-ide baru, dan berani mengambil risiko. Pikiran kita melampaui batasan-batasan yang biasanya ada ketika kita dalam keadaan negatif atau netral. Dengan kata lain, emosi positif keadaan normal. Tentu “memperluas” pemikiran kita, membuka jalan bagi kreativitas, penemuan, dan pertumbuhan pribadi.

Misalnya, ketika kita merasa bahagia. Kita mungkin lebih melihat sisi positif dari situasi yang sulit. Kita dapat mengembangkan solusi yang kreatif. Bahkan menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita. Sehingga merasakan penghargaan yang lebih besar terhadap hidup kita sendiri. Seiring waktu, akumulasi pengalaman positif ini membantu kita “membangun” sumber daya psikologis yang berharga. Seperti rasa percaya diri, ketahanan mental, dan koneksi sosial yang kuat.

Dalam teori ini, penting untuk dicatat bahwa pengalaman positif tidak hanya terbatas pada momen-momen yang intens atau luar biasa. Bahkan kebahagiaan sehari-hari, dalam hal-hal kecil dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperluas dan membangun pemikiran kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menghargai momen-momen kecil yang membawa sukacita dan menghiasi kehidupan sehari-hari kita.

Pemahaman dasar teori Broaden and Build memberikan kita wawasan bahwa emosi positif memiliki kekuatan yang kuat. Dimana untuk mempengaruhi cara kita memandang dunia dan menghadapi tantangan. Dengan memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip ini. Kita dapat membuka pintu bagi pertumbuhan pribadi. Meningkatkan kesejahteraan kita dan menciptakan hubungan yang lebih bermakna dengan orang lain.

Manfaat Broaden and Build

Dalam kehidupan sehari-hari, emosi positif memberikan kita keuntungan nyata. Misalnya, ketika kita merasa bahagia, kita lebih mungkin melihat peluang. Artinya kita mengembangkan pola pikir kreativitas. Kita mampu menjalin hubungan yang positif dengan orang lain. Jadi, melalui efek memperluas pemikiran, emosi positif membantu “membangun” hubungan sosial. Memperluas keterampilan, dan membantu kita tumbuh menjadi lebih baik.

Teori Broaden and Build juga berkaitan erat dengan kesehatan mental kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengalaman positif yang berkelanjutan membantu meningkatkan kepuasan hidup, kebahagiaan, dan kesehatan mental. Ketika kita menghadapi tantangan, melalui pengalaman positif dapat membantu kita mengatasi stres. Bahkan mampu menghadapi tantangan dengan lebih baik.

Menerapkan Broaden and Build dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk menerapkan konsep “Broaden and Build” dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa langkah yang bisa kita ambil. Pertama, kita dapat mencoba mengembangkan pikiran positif dengan menghargai dan mengamati keindahan di sekitar kita.¬†

Misalnya, saat kita berjalan-jalan di taman. Kita bisa melihat dan menghargai keindahan alam, warna-warni bunga, dan suara burung. Hal ini akan membantu kita meluaskan perspektif dan memperkuat emosi positif.

Selanjutnya, penting untuk menciptakan momen kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa mengalokasikan waktu untuk melakukan kegiatan yang kita sukai. Seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau menonton film favorit. Ketika kita merasakan emosi positif. Maka pikiran kita menjadi lebih kreatif dan inovatif. Momen-momen ini juga memberi kita kesempatan untuk bersantai, mengisi ulang energi, dan menikmati hidup.

Baca Artikel Kami Lainnya: Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penanganan Kegagapan pada Anak.

Selain itu, penting untuk membangun hubungan sosial yang positif dengan orang-orang di sekitar kita. Kita dapat mencari cara untuk membantu dan mendukung orang lain. Caranya dengan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita cintai. Sehingga kita merasa nyaman bersama mereka. Hal ini akan memberikan kita kebahagiaan dan dukungan emosional yang lebih besar.

Terakhir, kita juga bisa mencoba melihat situasi sulit dalam hidup dengan sudut pandang yang lebih optimis. Alih-alih fokus pada masalah dan kekhawatiran. Kita dapat mencari solusi dan peluang dalam setiap situasi. Dengan melatih pikiran kita untuk lebih melihat sisi positif. Kita dapat meluaskan pemikiran dan meningkatkan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah.

Jadi, mari kita berusaha menciptakan pengalaman positif. Dengan cara menjalin hubungan yang bermakna, dan mengembangkan diri kita. Agar kita dapat menghadapi dunia dengan optimisme.

Baca Artikel Kami Lainnya: Jangan Khawatir, Kegagapan pada Anak Dapat Hilang Dengan Sendirinya 

Artikel oleh: Logos Indonesia.

Comment