Tips Sukses Mengikuti Wawancara Kelompok

Anda mendapatkan panggilan wawancara kerja? Sistem yang dipakai adalah wawancara kelompok? Simak tips berikut ini agar berhasil mengikuti wawancara kelompok.

PIO, Tips dan Trik273 Views

Logos Indonesia – Wawancara kelompok atau group interview merupakan metode wawancara yang digunakan dalam proses rekrutmen karyawan. Dalam proses wawancara kelompok, Anda tidak hanya berhadapan dengan recruiter, melainkan dengan kandidat lainnya juga.

Pada umumnya wawancara kelompok dilakukan dengan satu orang recruiter dengan beberapa kandidat dalam satu waktu yang sama. Metode wawancara yang satu ini biasanya digunakan apabila perusahaan melakukan rekrutmen karyawan massal. Berikut tips yang dapat Anda gunakan jika mengikuti wawancara kelompok:

Mempersiapkan Diri

Mempersiapkan Diri
Mempersiapkan Diri

Mempersiapkan diri sebelum menjalani proses wawancara merupakan pilihan yang tepat. Dengan adanya persiapan sebelumnya, akan mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan rasa percaya diri. Berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan:

Mencari tahu tentang profil perusahaan

Sebelum anda menjalani proses wawancara, pastikan Anda sudah mengetahui perusahaan tujuan Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang perusahaan tersebut, maka akan semakin baik. Anda perlu mengetahui perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, visi misi perusahaan, dan masih banyak lagi.

Untuk mencari informasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan teknologi internet. Untuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya akan Anda temukan dengan mudah. Namun, untuk perusahaan berkembang membutuhkan upaya yang sedikit lebih besar.

Ketahui posisi dan job description

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat memilah kira-kira kemampuan yang Anda miliki apakah dapat menunjang posisi tersebut. Jika iya, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut sebagai upaya membuat Anda terlihat menonjol dibanding kandidat lain.

Mengetahui posisi dan job description juga membuat Anda terlihat lebih profesional dan memiliki pengetahuan mengenai masa depan yang Anda harapkan.

Pada info lowongan kerja seharusnya sudah tertera mengenai posisi dan job description. Namun untuk info lebih mendalam, Anda bisa melakukan riset di internet.

Siapkan jawaban dari pertanyaan yang kemungkinan akan muncul

Banyak sekali contoh pertanyaan di internet dalam proses wawancara kelompok. Anda bisa mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk Menyusun kata yang baik sebelum diungkapkan kepada recruiter.

Belajar wawancara

Dari jawaban pertanyaan yang telah Anda siapkan, Anda bisa melakukan simulasi wawancara. Bisa meminta bantuan teman untuk mengajukan pertanyaan dan Anda yang menjawabnya. Anda juga bisa menyampaikan jawaban Anda di depan cermin, ini akan baik karena Anda bisa melihat performa Anda sendiri. Cari tahu apa yang kurang dari jawaban Anda, dan apakah bahasa tubuh Anda sudah cukup baik atau malah sebaliknya.

Menyapa Recruiter dan Kandidat Lain di Awal

Sebisa mungkin Anda tiba lebih awal di lokasi wawancara. Anda bisa menyapa orang-orang yang berada di lokasi tersebut seperti recruiter dan kandidat lain satu per satu. Usahakan untuk mengingat nama semua orang, karena ini akan sangat berguna saat proses wawancara berlangsung. Saat diberikan kesempatan untuk berbicara, Anda bisa memulai dengan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan. Ajukan ucapan terimakasih ini kepada recruiter dan kandidat lain.

Ramah Kepada Semua Orang

Sebenarnya dengan menyapa semua orang di awal sudah sedikit menggambarkan sikap ramah yang Anda miliki. Namun Anda bisa meningkatkan dengan memberikan senyuman saat terjadi kontak mata, dan tetap menyampaikan secara tenang saat argumen Anda tidak sesuai dengan kandidat lain. Usahakan untuk tidak terbawa emosi.

Baca Artikel Kami Lainnya : Bagaimana Melakukan Wawancara Kelompok

Banyak Mendengarkan

Dalam proses wawancara kelompok, Anda harus menunggu giliran untuk menyampaikan jawaban Anda. Saat kandidat lain atau recruiter sedang menyampaikan sesuatu, Anda jangan mencoba untuk memberikan interupsi apapun meskipun itu bertolak belakang dengan pedoman Anda. Gunakan waktu tersebut untuk mendengarkan dan memahami apa yang disampaikan recruiter atau kandidat lain. Anda bisa menyampaikan perbedaan pendapat Anda saat waktu sudah dipersilahkan.

Melibatkan Semua Orang Dalam Jawaban Anda

Melibatkan Semua Orang Dalam Jawaban Anda
Melibatkan Semua Orang Dalam Jawaban Anda

Inilah gunanya Anda mengetahui nama-nama tiap kandidat di awal tadi dan mendengarkan apa yang disampaikan kandidat lain. Anda bisa membangun atau mengembangkan ide yang telah disampaikan oleh kandidat lain. Anda juga bisa tidak setuju dengan ide kandidat lainnya. Meski demikian, anda perlu menggunakan kalimat yang tepat agar tidak menghilangkan kesan ramah yang telah Anda bangun dari awal.

Percaya Diri dan Gunakan Bahasa Tubuh yang Baik

Salah satu penilai dari wawancara kelompok adalah bahasa tubuh. Anda bisa melatih ini di depan cermin. Rasa percaya diri juga bisa Anda bangung dari mempersiapkan diri sematang mungkin sebelum proses interview berlangsung. Dengan bekal pengetahuan yang lebih tinggi, Anda akan dengan mudah melalui proses interview tersebut.

Ucapkan Salam Perpisahan

Dari awal Anda sudah menciptakan kesan ramah kepada semua orang, maka Anda harus menutup pertemuan hari itu dengan sikap yang ramah pula. Saat proses interview selesai dan Anda beserta kandidat lain dipersilahkan untuk pulang, Anda bisa mengucapkan salam perpisahan kepada kandidat lain dan recruiter tentunya.

Seperti itulah tips yang bisa Anda gunakan dalam menjalani proses wawancara kelompok. Anda pasti ingin tampil semaksimal mungkin. Namun yang perlu Anda tekankan adalah jawab dengan jawaban yang jujur dan usahakan untuk terlihat di mata recruiter. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Lebih Jauh Tentang Teknik Interview BEI