Tips Mengatasi Mental Block Saat Bekerja

Mental block memang cukup mengganggu kinerja kerja yang kita miliki. Selain itu, pekerjaan yang tertunda akibat mental block justru dapat mengakibatkan stress kerja.

PIO, Tips dan Trik2273 Views

Logos Indonesia – Stress kerja merupakan respon tubuh yang normal saat sedang berhadapan dengan tekanan atau tugas kerja yang menumpuk. Namun, stress kerja yang tidak mendapatkan manajemen stress yang baik dapat berakibat fatal bagi kehidupan.

Apakah kamu pernah tiba-tiba bingung apa yang harus dikerjakan? Atau kamu tiba-tiba kehilangan ide untuk melanjutkan pekerjaan di kantor? Bisa jadi kamu sedang mengalami mental block.

Mental block merupakan kondisi dimana seseorang merasa tidak mampu untuk berkonsentrasi guna menyelesaikan apa yang sedang dikerjakan. Akibatnya, pekerjaan bisa menjadi terhambat dan bisa jadi kesusahan mengejar deadline. Kondisi mental block ini sering kali menyerang karyawan, terutama untuk pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan pikiran.

Orang yang mengalami mental block umumnya kehilangan gairah atau energi dalam mengerjakan tugas, lebih sensitif, selalu merasa tegang, emosi yang meluap-luap, hingga merasakan tekanan psikologis.

Mental block secara tidak langsung dapat mempengaruhi performa kerja. Tentunya hal ini tidak baik untuk jenjang karir yang diharapkan setiap karyawan. Selain itu, mental block yang terjadi pada karyawan juga dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan. Dengan demikian, kondisi mental block sudah semestinya mendapatkan penanganan serius.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari kondisi mental block:

Menyelesaikan Tugas Kecil Terlebih Dahulu

Tugas-tugas yang berat umumnya akan membuat kita membutuhkan waktu lebih lama dalam mengerjakannya. Selain itu akan banyak waktu terbuang karena kita perlu melakukan analisa lebih dalam.

Jika kamu merasa tugas tersebut terlalu berat dan cukup sulit untuk diselesaikan, tidak apa-apa untuk berhenti sejenak dan mengerjakan tugas-tugas yang lebih mudah. Hal ini akan membuatmu sedikit lebih rileks.

Mengerjakan tugas yang lebih mudah juga bisa meningkatkan semangat kerja, karena kamu merasa kemampuan yang kamu miliki cukup baik dan kamu lebih percaya diri. Setelah sudah lebih semangat, kamu bisa kembali dengan tugas sebelumnya.

Istirahat Sejenak

Istirahat Sejenak
Istirahat Sejenak

Ada kalanya tubuh dan pikiran membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jika kamu mulai lelah dengan pekerjaan di kantor, maka berhentilah sejenak dan lakukan peregangan kecil. Kamu juga bisa berjalan menuju pantry untuk sekedar membuat kopi hangat atau mengambil air mineral.

Kegiatan sederhana ini akan membuat kamu sedikit lebih fresh sebelum kembali melanjutkan pekerjaan yang telah menantimu.

Mempelajari Hal Baru

Salah satu penyebab terjadinya mental block saat bekerja adalah kurangnya pengetahuan atau referensi mengenai apa yang sedang kamu kerjakan. Jika seperti itu, cobalah mempelajari hal-hal baru agar pengetahuan yang kamu miliki menjadi lebih luas.

Contohnya jika kamu adalah seorang penulis, kamu bisa mencoba untuk membaca beberapa buku baru untuk menambah kosa kata yang kamu miliki. Selain itu, dari buku yang dibaca juga bisa memunculkan beragam ide yang bisa kamu kembangakan.

Baca Artikel Kami Lainnya : Bahaya Social Loafing Terhadap Kinerja Kerja Karyawan

Berteman Dengan Orang Kreatif

Memiliki teman yang kreatif dalam membuat kita mendapatkan banyak eksperimen baru. Hal ini tentunya akan baik untuk memunculkan dan mengembangkan ide-ide baru yang ada.

Mengganti Suasana Kerja

Mengganti Suasana Kerja
Mengganti Suasana Kerja

Mengganti suasana kerja bukan berarti kamu harus cari kerjaan baru. Kamu bisa memulai dengan hal-hal kecil seperti menata ulang meja kerjamu. Suasana baru akan mendatangkan mood yang baik. Selain itu, berbagai inspirasi dan semangat kerja akan terbangun di dalamnya.

Mengenang Masa Lalu

Sesekali kamu bisa bernostalgia dengan pencapaian di masa lalu. Hal ini dapat membuat kamu paham bahwa kamu memiliki kemampuan. Rasa percaya diri yang kamu miliki juga akan meningkat. Hal ini cukup baik untuk meningkatkan semangat kerjamu, dengan demikian kondisi mental block tidak mampu menghampirimu.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Salah satu penyebab mental block adalah kurangnya asupan gizi dalam tubuh kita. Beberapa gizi yang menunjang kinerja otak seperti vitamin B12, omega 3, vitamin C, dan lain sebagainya dapat membantu kamu untuk terhindar dari kondisi mental block.

Selain itu, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat membuat tubuhmu menjadi lebih sehat dan jarang terserang penyakit. Tentunya hal ini juga akan mendatangkan manfaat baik untuk kinerja kerjamu.

Self Talk

Memberikan kalimat-kalimat positif terhadap diri sendiri dapat membangun semangat dalam bekerja. Temukan kalimat pembangkit semangat yang paling pas untuk kamu. Misalnya “hari ku akan bahagia, pekerjaan ku akan terselesaikan, aku pasti bisa.”

Cukup sederhana memang, namun hal ini dapat menjauhkan kamu dari pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambat pekerjaanmu. Selain itu, memberikan self talk positif juga dapat membuat perasaan menjadi lebih baik.

Mental block memang cukup mengganggu kinerja kerja yang kita miliki. Selain itu, pekerjaan yang tertunda akibat mental block justru dapat mengakibatkan stress kerja. Stress kerja yang tidak mendapatkan pengelolaan yang baik dapat mengganggu kesehatan mental.

Jika kamu merasa kondisi mental block yang kamu alami sudah cukup mengganggu kegiatan sehari-hari dan orang di sekitarmu, jangan ragu untuk mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Pengaruh Body Positivity Terhadap Kesehatan Mental