Trik Meningkatkan Produktivitas Selama WFH

Bekerja dari rumah (wfh) terkadang malah membuatk kita kurang produktif. Berikut tips dan trik cara meningkatkan produktivitas selama wfh.

PIO1888 Views

Dua tahun selama pandemi Covid, banyak dari kita yang harus menyesuaikan diri dengan bekerja dari rumah atau WFH. WFH juga biasa dilakukan oleh mereka yang bekerja sebagai freelancer dan pekerja kreatif lainnya.

Nilai plusnya kita bisa bekerja sambil memantau anak dan kekuarga dan tanpa biaya perjalanan. Namun ternyata ada minusnya juga, yaitu, pekerjaan menjadi kurang produktif karena kita tidak bisa fokus dengan kerjaan.

Bagi teman-teman yang merasa WFH-nya kurang produktif, berikut dari kami tips dan trik meningkatkan produktivitas selama WFH.

Buat Jadwal Kegiatan

Kegiatan Selama WFH
Jadwal WFH

Salah satu alasan kenapa teman-teman tidak bisa produktif adalah karena jam kerja yang kurang teratur. Bekerja dari rumah sering kali mendapatkan interupsi dari lingkungan sekitar rumah. Maka dari itu teman-teman harus membuat to do list dan apa saja yang harus dicapai.

Jadwal kegiatan bisa berupa kapan mulai kerja, kapan istirahat kerja, kapan selesai kerja, dan kapan harus melakukan aktivitas lain di luar kerjaan. Kegiatan yang terjadwal secara teratur dapat membantu menyelesaikan tugas dengan optimal dan tepat waktu.

Selalu Jaga Mood

Pernah ga sih teman-teman sudah membuat jadwal serapi mungkin, namun ternyata di tengah jalan mood kita jadi jelek. Dengan suasana badmood teman-teman pastinya sulit sekali untuk menyelesaikan pekerjaan, apalagi produktif.

Menjaga suasana hati agar tetap good mood selama jam kerja adalah langkah preventif agar kita bisa produktif. Berikut tips dari kami untuk menjaga mood selama jam kerja.

  • Isitirahat yang cukup di malam hari
  • Bekerja sambil mendengarkan musik agar otak kita selalu fress biar tidak mudah badmood
  • Siapkan cemilan favorit, namun jangan makanan berat ya, jadinya malah bikin kantuk
  • Selalu rapikan meja kerja

Silahkan Baca Artikel Kami lainnya Tentang Tips Menjaga Kesehatan Mental

Siapkan Ruang Kerja Khusus di Rumah

Work From Home bukan berati kita bisa melaksanakan kerja di ruang apa saja ya. Yang namanya kerja kita tentunya butuh ruangan yang nyaman serta kondusif. Bekerja di ruang keluarga atau ruang tamu maka siap siap harus mendapat interupsi dari anak, istri, keluarga, atau tetangga.

Maka memiliki fasilitas ruang kerja sendiri di dalam rumah akan sangat membantu dalam menciptakan Produktivitas kerja. Salah satu jurnal yang diterbitkan oleh UNS menyatakan bahwa penataan ruang kerja memberi pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

Pastikan Perangkat Kerja Berfungsi Semua

Perangkat kerja adalah bagian penting yang mampu menunjang kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Seringkali kita lalai dalam mengontrol kesehatan perangkat kerja yang kita gunakan. Sehingga terkadang di tengah tengah kerja kita sering mendapati problem yang disebabkan perangkat kerja tidak maksimal.

Menjaga perangkat kerja agar tidak cepat rusak bisa teman-teman lakukan saat akan memulai pekerjaan dan setelah selesai dengan kerjaan. Pengecekan perangkat kerja secara berkala dapat mencegah pembekakan anggaran karena keseringan service.

Istirahat Sejenak Agar Fikiran Lebih Fresh

Bekerja terlalu jenuh dapat mengganggu kesehatan tubuh dan mental kerja. Sehingga mengakibatkan teman-teman tidak bisa fokus dalam bekerja, bingung mau menyelesaikan yang mana, ujung-ujungnya nonton video dan main HP.

Kalian bisa mengambil waktu sejenak untuk sekedar berjalan jalan, melihat pemandangan, cuci muka, dan kegiatan kecil lainnya. Apalagi bagi kalian yang bekerja di depan komputer atu laptop. Kelamaan di depan monitor juga berbahaya bagi kesehatan mata.

Luangkan waktu 5 sampai 10 menit untuk menjaga tubuh dan otak tetap prima. Agar kalian bisa melanjutkan pekerjaan secara maksimal dan bisa produktif lagi.

Itulah sedikit artikel dari kami tentang tips dan trik meningkatkan produktivitas selama WFH. Semoga teman-teman yang WFH selalu mendapatkan kelancaran kerja dan rizki.

Artikel By: Logos Indonesia

Comment