Hari Pertama Kerja di Kantor Baru? Coba Tips Masuk Kerja Pertama Kali Ini

Gugup dan cemas ketika pertama kali masuk kerja, memang biasa terjadi. Hal itu terjadi karena kita belum ada gambaran apa saja yang akan dilakukan di kantor esok hari? Hilangkan rasa gugup dan cemas dengan tips masuk kerja pertama kali ini.

Tips dan Trik297 Views

Logos Indonesia – Tidak semudah membalikkan telapak tangan, setelah melewati serangkaian tes, jika lulus seleksi, kamu akan diterima kerja. Memang hari pertama masuk kerja bisa membuat orang gugup atau cemas. Banyak petanyaan yang timbul di benakmu, seperti: bagaimana cara membeikan kesan petama yang baik?

Sebenarnya, pertama kali masuk kerja tidak perlu gugup atau cemas. Asalkan, kamu mempersiapkannya sebaik mungkin. Apa saja yang harus dipersiapkan ketika pertama kali masuk kerja? Berikut ini tips masuk kerja pertama kali bagi kamu fresh graduate atau bagi yang pindah kantor baru.

Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Photo by Marissa Grootes on Unsplash

Bisa dibilang, hari pertama masuk kerja membuat kita gugup atau cemas. Untuk menghindari rasa cemas tersebut, buatlah persiapan sebaik mungkin. Usahakan melakukan persiapan masuk kerja sehari sebelumnya. Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Pilih pakaian kerja yang formal, nyaman, dan bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.
  2. Bawalah pulpen dan buku catatan untuk mencatat hal penting.
  3. Gunakan sepatu kerja yang nyaman.
  4. Perhitungkan perjalanan dari rumah menuju kantor supaya kamu tidak terlambat masuk kantor.

Baca Artikel Kami Lainnya: Masih Menganggur? Inilah Tips Fresh Graduate Cepat Keja sesuai Keahliannya

Hindari Datang Terlambat di Hari Pertama Masuk Kerja

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Sebagai karyawan baru yang masih dinilai, tentunya kamu tidak ingin memberi kesan buruk. Oleh karena itu, hindari datang terlambat di hari pertama masuk kerja. Datanglah lebih awal dari jam kantor yang telah ditentukan.

Pada umumnya, seorang karyawan memiliki kewajiban yang harus dipersiapkan untuk mulai bekerja. Selain itu, di hari pertama masuk kerja, kamu harus mengenal kondisi, kultur, dan rekan kerja di kantor baru.

Perkenalkan Dirimu Sesopan Mungkin

Photo by Sincerely Media on Unsplash

Tips masuk kerja pertama kali lainnya adalah mempekenalkan diri. Perkenalkan dirimu sebaik mungkin dengan menggunakan bahasa yang sopan. Kenalkan dirimu kepada semua rekan kerjamu.

Adapun tips memperkenalkan diri yang disarankan, seperti: sebutkan nama lengkap beserta nama panggilanmu, divisi kerjamu, tempat tinggal, dan hal lainnya yang diperlukan. Sesuaikan perkenalan dirimu dengan kondisi kantormu.

Selalu Mengingat Rekan Kerja dengan Baik

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Sebagai anak baru, tentunya kamu ingin memberikan kesan pertama yang baik. Oleh karenanya, ingatlah nama rekan kerjamu dengan baik. Hindari rasa malu untuk mengajak berkenalan terlebih dahulu. Selain itu, sapalah rekan kerjamu di divisi lain, jika tanpa sengaja bertemu di kantor atau tempat lain.

Berikan kesan ramah dan bersikaplah terbuka ketika masuk kerja petama kali. Dengan begitu, rekan kerjamu akan senang dan menerimamu sebagai bagian dari mereka. Ikutlah makan siang bersama saat masuk kerja pertama kali, hal ini bisa menambah keakrabanmu dengan teman kantormu.

Inisiatif Melakukan Hal-Hal yang Baik

Photo by StartupStockPhotos on Pixabay

Inisiatif adalah sikap yang dibutuhkan, apalagi bagi anak baru. Tips masuk kerja pertama kali lainnya adalah inisiatif melakukan hal-hal baik. Adapun hal-hal baik yang bisa kamu lakukan di kantor baru adalah sebagai berikut.

Mencatat Hal-Hal Penting pada Saat Briefing Pekerjaan

Sebagai anak baru, banyak hal yang perlu dilakukan. Disarankan untuk mencatat hal-hal penting saat atasan atau seniormu memberikan briefing terkait pekerjaan. Catatlah hal-hal penting tersebut di buku catatan yang telah kamu siapkan.

Hindari Mengerjakan Kepentingan Pribadi Saat Jam Kantor

Di hari masuk kerja pertama kali, kamu akan dipantau. Oleh karena itu, konsentrasi dan fokus mengerjakan tanggung jawabmu di kantor. Jangan mengerjakan kepentingan pribadi saat jam kerja, seperti: bermain media sosial, mengerjakan tugas freelance, ataupun mengurus bisnismu.

Dengarkan Saran yang Diberikan HRD maupun Rekan Kerja Senior

Saran yang diberikan HRD maupun rekan kerjamu adalah saran yang baik. Dengarkan dengan baik, saran tersebut supaya tugas dan tanggung jawabmu di kantor terselesaikan sesuai job desk. Sebagai karyawan baru, hindari menolak saran yang diberikan meskipun kadang saran yang diberikan kurang cocok denganmu.

Hindari Pulang Cepat

Photo by Marten Bjork on Unsplash

Setiap kantor ataupun perusahaan memiliki jam kantor yang sudah ditetapkan baik untuk waktu masuk maupun pulang kantor. Usahakan kamu tidak pulang cepat di hari pertama masuk kerja. Pulanglah lebih lama bersama karyawan lama lainnya.

Manfaatkan waktu luang sebelum pulang untuk lebih akrab dengan teman kerja lainnya. Kamu bisa lebih berbincang santai dengan mereka sambil menunggu waktu pulang bersama tiba.

Baca Artikel Kami Lainnya:  Tidak Perlu Resign, Ini Tips Cerdas Hadapi Rekan Kerja Toxic

Hindari Izin Tidak Masuk Kerja untuk Kepentingan yang  Kurang Perlu

Photo by René Ranisch on Unsplash

Sebagai karyawan baru, tingkah laku dan tugas masih terus dipantau oleh atasan. Oleh karena itu, hindari untuk izin tidak masuk kerja karena kepentingan yang kurang perlu, seperti: izin karena sakit ringan atau izin liburan.

Perlu diingat, jika dalam sebulan pertama bekerja, kamu sudah izin untuk kepentingan yang kurang perlu, bahkan mendadak tidak masuk tanpa alasan. Itu akan memberikan kesan buruk baik kepada rekan kerja, HRD maupun atasanmu.

Menjadi karyawan baru cukup sederhana saja, cobalah tips masuk kerja pertama kali ini. Semoga tips ini bisa membantu mengurangi rasa gugup dan cemasmu saat pertama kali masuk kerja bagi fresh graduate atau pertama kali masuk kerja di kantor baru bagi karyawan dengan pengalaman. Yang utama adalah dahulukan tanggung jawab dan tugasmu ketika jam kantor.

Comment