Definisi Kepribadian Menurut para Ahli Psikologi

Mengenal apa itu Definisi Kepribadian Menurut para Ahli Psikologi, Kata personality dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani-kuno prosopon atau persona.

Kerpibadian128 Views

Logos Indonesia : Kata personality dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani-kuno prosopon atau persona, yang artinya “topeng” yang biasa dipaaki artis dalam teater. Para artis bertingkah laku sesuai dengan ekspresi topeng yang dipakainya, seolah-olah topeng itu mewakili ciri kepribadian tertentu.

Jadi konsep awal dari pengertian personality (pada masyarakat awam) adalah tingkah laku yang ditampakkan ke lingkungan social-kesan mengenai diri yang diinginkan agar dapat ditangkap oleh lingkungan sosial-kesan mengenai diri yang diinginkan agar dapat ditangkap oleh lingkungan social.

Ketika personality menjadi istilah ilmiah pengertiannya berkemangn menjadi lebih bersifat internal, sesuatu yang relatif permanen, menuntun, mengarahkan, dan mengorganisir aktivitas manusia. Ada beberapa kata atau istilah yang oleh masyarakat diperlakukan sebagai sinonim kata personality, namun ketika istilah-istilah itu dipakai dalam teori psikologi kepribadian diberi makna yang berbeda-beda (Alwisol, 2008). Istilah yang berdekatan maknanya itu antara lain:

  1. Personality (kepribadian) : pengambaran tingkah laku secara deskriptif tanpa memberi nilai (devaluative)
  2. Character (karakter) : penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit maupun implisit.
  3. Disposition (watak) : karakter yang telah lama dimiliki dan sampai sekarang belum berubah.
  4. Temperamen (temperamen) : kepribadian yang berkaitan erat dengan determinan biologik atau fisiologik, disposisi hereditas
  5. Traits (sifat) : respon yang senada (sama) terhadap sekelompok stimuli yang mirip, berlangsung dalam kurun waktu yang (relatif) lama.
  6. Type-attribute (ciri) : mirip dengan sifat, namun namun dalam kelompok stimuli yang lebih terbatas
  7. Habit : (kebiasaan) respon yang sama cenderung berulang untuk stimulus yang sama pula

Beberapa ahli mencoba untuk mendefinisikan kepribadian. Namun dari beberapa definisi tersebut dapat persamaannya, yaitu (dalam Alwisol, 2008):

  1. Kepribadian bersifat umum: Kepribadian menunjuk kepada sifat umum seseorang-pikiran, kegiatan, da perasaan-yang berpengaruh secara sistemik terhadap keseluruhan tingkah lakunya.
  2. Kepribadian bersifat khas: Kepribadian dipakai untuk menjelaskan sifat individu yang memebdakan dia dengan orang lain, semacam tandatangan atau sidik jari psikologik, bagaimana individu berbeda dengan orang lain.
  3. Kepribadian berjangka lama: Kepribadian dipakai untuk menggambarkan sifat individu yang awet, tidak mudah berubah sepanjang hayat. Kalau terjadi perubahan biasanya bersifat bertahap atau akibat merespon sesuatu kejadian yang luar biasa.
  4. Kepribadian bersifat kesatuan: Kepribadian dipakai untuk memandang diri sebagai unit tunggal, struktur atau organisasi internal hipotetik yang membentuk kesatuan dan konsisten.
  5. Kepribadian bisa berfungsi baik atau berfungsi buruk: Kepribadian adalah cara bagaimana orang berada di dunia. Apakah dia tampil dalam tampilan yang baik, kepribadiannya sehat dan kuat? Atau tampil sebagai burung yang lumpuh? Yang berarti kepribadiannya menyimpang atau lemah? Ciri kepribadian sering dipakai untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa orang senang dan mengapa orang susah, berhasil atau gagal, berfungsi penuh atau berfungsi sekedarnya.

Logos Indonesia adalah Biro Psikologi & Konsultan HRD Jakarta dengan Layanan Rekrutmen, Asesmen Karyawan (Psikotes Online & Offline, Assessment Center dll) Klinik Psikologi, Pelatihan Alat Tes Psikologi dan Outbound.