Tips Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Merasakan setiap emosi yang ada merupakan respon alami tubuh. Namun, kita perlu untuk mengendalikan emosi tersebut, termasuk di tempat kerja. Sadarkah kamu bahwa profesionalitas seseorang dapat dinilai dari cara Ia mengelola emosi di tempat kerja.

PIO1860 Views

Logos Indonesia – Cukup banyak yang terjadi di tempat kerja dan mengakibatkan kita kesulitan untuk mengontrol emosi. Berbagai tekanan di tempat kerja tidak jarang menjadikan emosi kita terluapkan karena merasa diri sudah tidak mampu untuk membendungnya. Meski demikian, meluapkan emosi di tempat kerja bukanlah hal yang bijak. Dengan demikian, diperlukan cara yang tepat untuk mengelola emosi tersebut.

Merasakan setiap emosi yang ada merupakan respon alami tubuh. Namun, kita perlu untuk mengendalikan emosi tersebut, termasuk di tempat kerja. Sadarkah kamu bahwa profesionalitas seseorang dapat dinilai dari cara Ia mengelola emosi di tempat kerja.

Dalam artikel ini kami akan memberikan tips mengelola emosi di tempat kerja.

Apa Itu Emosi?

Apa Itu Emosi
Apa Itu Emosi

Jika mendengar kata emosi, umumnya orang-orang akan berpikiran negatif. Padahal, emosi tidak hanya mengenai marah dan sedih. Emosi berasal dari kata e-movere yang berarti menggerakkan. Jika di deskripsikan, emosi berarti suatu perasaan yang dialami oleh seseorang ketika menghadapi situasi tertentu.

Emosi sendiri terbagi atas 2 bagian berdasarkan sifatnya, yaitu emosi negatif dan emosi positif. emosi negatif seperti perasaan marah, takut, sedih, dan cemas. Sedangkan emosi positif seperti bahagia, gembira, senang, dan cinta.

Di dunia kerja merasakan berbagai emosi di atas adalah hal yang normal. Banyaknya rangkaian kerja, tekanan, hingga prestasi seringkali membuat emosi kita naik turun. Dengan demikian dibutuhkanlah pengelolaan emosi yang baik.

Kenapa Mengelola Emosi Itu Penting?

Kenapa Mengelola Emosi Itu Penting
Kenapa Mengelola Emosi Itu Penting

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, salah satu alasan pentingnya mengelola emosi di tempat kerja adalah untuk menunjukkan sisi profesionalitas kita. Selain itu, dengan mengelola emosi dengan tepat kamu bisa membuat keputusan dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik, tetap terlihat tenang ketika berada di bawah tekanan, mampu menyelesaikan konflik, memiliki empati yang lebih besar, serta mau mendengar, merefleksikan, dan menanggapi kritik yang membangun.

Beberapa hal di atas dapat mempermudah pekerjaan kamu di tempat kerja. Dengan demikian, mengetahui dan mempraktekkan cara mengelola emosi di tempat kerja merupakan suatu yang menguntungkan untukmu.

Bagaimana Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja?

Bagaimana Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja
Bagaimana Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Mengelolah emosi memang bukanlah perkara mudah untuk orang-orang yang terbiasa meluapkan emosinya. Terlebih lagi jika kamu bekerja di bidang pelayanan dan jasa. Kamu tidak pernah tahu orang-orang seperti apa yang akan kita hadapi di lapangan. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui cara mengelola emosi.

Berikut beberapa cara untuk mengelola emosi di tempat kerja:

Tarik nafas panjang

Jika kamu sudah mulai merasa emosi-emosi negatif merasukimu, maka tarik nafas panjang dan menghembuskannya secara perlahan bisa membantumu untuk tetap tenang. Kamu bisa melakukannya beberapa kali hingga merasa emosimu sudah cukup stabil.

Baca Artikel Kami Lainnya : Kenali Tips Membangun Self Improvement

Rehat sejenak

Jika merasa lelah kamu akan kesulitan untuk mengatur emosimu. Terutama untuk emosi-emosi negatif seperti marah dan sedih. Maka dari itu, kamu perlu istirahat sejenak untuk menenangkan fisik dan pikiranmu.

Kenali pemicu emosi

Kamu perlu untuk mengetahui pemicu dari emosi tersebut. Dengan mengetahui pemicu dari emosi yang kamu rasakan, kamu bisa lebih merasa tenang dan mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu pemicu tersebut berulah lagi.

Jangan gegabah

Cobalah untuk memikirkan segala sesuatunya dua kali. Terutama saat sedang merasakan emosi yang meluap. Banyak orang yang gegabah dan mengambil keputusan saat sedang emosi dan akhirnya menyesali keputusan tersebut. Semoga hal ini tidak terjadi padamu.

Jadikan emosi sebagai motivasi

Jika kamu merasa sedih karena mendapat teguran dari atasan, maka gunakan rasa sedih itu sebagai motivasi untuk kamu lebih baik lagi. Tunjukkan kepada atasanmu kalau kamu bisa memperbaiki kesalahan yang telah kamu perbuat. Hal ini juga berlaku untuk emosi-emosi lain.

Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Setiap orang memiliki versi nyaman yang berbeda-beda. Jika kamu menyukai kerapian dan kebersihan, kamu bisa selalu menjaga meja kerjamu agar terlihat rapi dan bersih. Lingkungan yang nyaman akan membuat emosi lebih stabil dan membuatmu lebih rileks.

Jangan membawa emosi ke rumah

Kamu harus bijak dalam mengelolah emosi. Mengelola emosi di tempat kerja bukan berarti kamu menahan emosi di kantor dan meluapkannya di rumah. Justru kamu bisa menjadikan rumah sebagai media relaksasi setelah penat bekerja seharian.

Bercerita

Secara tidak sadar, bercerita dapat membuat kita menjadi lebih tenang. Tidak ada salahnya untuk menceritakan masalahmu dengan orang yang kamu percaya. Kamu juga bisa mendiskusikan hal ini dengan atasanmu, atasan yang baik akan membantumu agar tetap nyaman dalam bekerja.

Jika kamu merasa emosi yang kamu miliki sudah cukup mengganggu aktivitas sehari-hari dan lingkungan di sekitarmu, jangan ragu untuk mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan sesi Konseling Online. Mendapatkan pertolongan sedini mungkin akan membuatmu jauh lebih baik.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantumu dan kamu mampu untuk mengelola emosi di tempat kerja dan dimanapun kamu berada.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Self Management Untuk Menunjang Karir