Mengenal Kepribadian Manusia Berdasarkan Tes Kepribadian MBTI

Tes Kepribadian MBTI merupakan alat bantu untuk mengenali dan memahami karakter dan kepribadian manusia. Berikut adalah 16 tipe kepribadian MBTI berdasarkan tes MBTI.

Sosial201 Views

Logos Indonesia – Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, meskipun berbeda. Perbedaan inilah yang membuat setiap orang punya keunikan masing-masing. Keunikan setiap manusia bisa dilihat dari perilakunya.

Perlu diketahui, perilaku tersebut dipengaruhi oleh tipe kepribadian manusia. Untuk mengetahui tipe kepribadian, kamu bisa melakukan tes kepribadian MBTI. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih tes kepribadian MBTI itu? Apa saja jenis kepribadian berdasarkan Tes MBTI? Simak informasi berikut ini.

Apa Itu Tipe Kepribadian Manusia?

Kepribadian (personality) merupakan tingkah laku, sifat, atau perilaku yang unik pada individu. Tipe kepribadian manusia ini dapat diketahui ketika seorang individu berinteraksi dengan manusia lain atau ketika mereka bersosialisasi. Ternyata, kepribadian manusia itu beragam tipe. Setiap tipe kepribadian memiliki ciri khas atau keunikan sendiri-sendiri.

Baca artikel kami lainnya: Memahami Self Love dan Self Care Beserta Tips Penerapannya dalam Keseharian

Memahami Definisi Tes Kepribadian MBTI

Photo by Unplash@Nguyen Dang Hoang Nhu

MBTI merupakan kepanjangan dari Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Tes kepribadian MBTI ini digagas oleh Kathrine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myers. Mereka mengembangkan tes kepribadian berdasarkan tipologi kepribadian manusia oleh Carl Jung.

Ingat kembali, Carl Jung adalah ahli psikologi yang mempopulerkan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Adapun tes kepribadian MBTI merupakan tes kepribadian yang berfokus pada berbagai pertanyaan tentang preferensi seseorang terhadap empat domain.

Bisa dikatakan keempat domain tersebut merupakan pedoman untuk menentukan skala penilaian tipe kepribadian manusia. Adapun keempat domain yang dimaksud adalah domain yang dikembangkan oleh Briggs dan Myers, antara lain sebagai berikut.

Introvert (I) – Eksrovert (E)

Introvert (I)  merupakan tipe kepribadian manusia yang kurang suka bersosialisai dengan orang lain. Kepribadian ini cenderung aktif secara personal, memiliki pemikiran sendiri, dan lebih suka menghabiskan energinya untuk dirinya sendiri dibandingkan bersama orang lain.

Eksrovert (E) merupakan skala penilaian yang menilai tipe kepribadian seseorang dilihat dari cara dia berinteraksi dengan lingkungannya dan dunia luar. Umumnya, seseorang yang ekstrovert mudah beradaptasi, bersosialisasi, dan menikmati hidupnya bersama orang di sekitarnya.

Sensing (S) – Intuition (N)

Photo by Pixabay@Holger Langmaier

Sensing (S) merupakan tipe kepribadian manusia yang secara mandiri mempelajari lingkungan di sekitarnya atau bisa dikatakan tipe ini memiliki sifat learning by doing. Sementara, intuition (N) merupakan tipe kepribadian yang imajinatif, abstrak, dan lebih mengandalkan intuisinya.

Thinking (T) – Feeling (F)

Sesuai dengan namanya thinking (T) adalah kepribadian manusia yang bersifat impersonal dan lebih suka memutuskan sesuatu berdasarkan fakta dan data empiris. Sementara, feeling (f) adalah kepribadian manusia yang suka memutuskan segala sesuatu berdasarkan kata hati dan emosi.

Judging (J)  – Perceitring (P)

Photo by Unplash@ Sander Sammy

Judging (J) merupakan tipe kepribadian manusia yang memiliki sikap teguh dan tegas. Untuk perceitring (P) adalah kepribadian manusia yang bersikap adaptif, fleksibel, dan mudah menerima hal-hal baru yang belum terlintas di pikirannya.

Itulah empat domain yang menjadi dasar tes kepribadian MBTI dan populer disebut dengan kepribadian MBTI.

16 Kepribadian MBTI yang Perlu Kamu Tahu

Seperti yang dijelaskan di pembahasan sebelumnya, empat domain tipe kepribadian manusia tersebut kemudian dikembangkan menjadi 16 kepribadian MBTI berdasarkan Tes MBTI.

Umumnya, Tes Kepribadian MBTI ini digunkan HRD suatu perusahaan untuk seleksi karyawan baru. Apa saja 16 tipe kepribadian MBTI itu? Berikut 16 kepribadian MBTI yang dimaksud.

Tipe INFP

Photo by Unplash@ Austin Diste

INFP merupakan kepribadian manusia yang memiliki sikap idealis, setia serta teguh dalam pendirian dan memegang prinsip. Kepribadian MBTI yang satu ini rasa ingin tahunya tinggi, fleksibel, terbuka orangnya, dan mudah beradaptasi asalkan tetep pada prinsipnya.

Tipe INTJ

Tipe INTJ adalah kepribadian manusia yang bisa dengan cepat memahami peristiwa yang sedang terjadi. Bahkan ia mampu membuat sudut pandang dalam jangka panjang. Ciri kepribadian MBTI tipe INTJ adalah kinerja tinggi, terorganisir, dan mandiri.

Tipe INFJ

Tipe INFJ merupakan kepribadian dengan julukan si pencari makna dan bisa dengan mudah memahami pola pikir orang lain. Tidak heran, jika pemilik kepribadian MBTI tipe ini bisa melayani orang lain sebaik mungkin.

Tipe INTP

Photo by Unplash@ Dell

Kepribadian MBTI tipe INTP adalah kepribadian manusia yang lebih menyukai ide atau pemikiran daripada berinteraksi sosial. Tipe ini cenderung cerdas, teoritis, mudah fokus, dan tenang dalam menghadapi masalah.

Tipe ENTJ

ENTJ merupakam tipe kepribadian manusia yang mudah membaca situasi dan kondisi dengan baik. Umumnya, tipe ini adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas. Karakter kepribadian MBTI tipe ENTJ adalah sebagai berikut.

  • Peka dalam memilah kebijakan yang tidak efisien.
  • Bisa memilah prosedur kerja secara efektif dan efisien.
  • Mampu mengembangkan sistem yang berhasil guna dalam organisasi.
  • Memiliki kecenderungan untuk memaksakan idenya kepada lingkungan di sekitarnya.

Tipe ENTP

Photo by Pixabay@7163893

Kepribadian MBTI yang satu ini dominan dengan sisi ekstrovert bahkan terlalu terbuka atau blak-blakan. Suka melakukan kegiatan yang menarik dan menantang. Selain itu, ia mudah bosan dengan rutinitas yang dijalaninya.

Tipe ENFJ

Perlu diketahui, seseorang dengan kepribadian MBTI tipe ENFJ dijuluki dengan si pendengar yang baik. Kepribadian manusia tipe ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Suka bergaul.
  • Suka membantu atau sosok penolong.
  • Bisa menerima kritik dengan baik.
  • Suka menerima pujian, namun tetap rendah hati.
  • Suka memberikan dukungan kepada orang lain.

Tipe ENFP

Photo by Unplash@Alice Dietrich

ENFP merupakan kepribadian MBTI di mana manusia dengan kepribadian ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut.

  • Memiliki karakter yang hangat.
  • Tipe orang yang imajinatif.
  • Memiliki sikap antusiasme yang tinggi.
  • Percaya diri dalam memahami pola hubungan.
  • Fleksibel dan suportif.
  • Bisa berbicara secara fasih.
  • Memiliki sikap spontan.

Tipe ISFJ

Kepribadian MBTI tipe ISFJ memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Bertanggung jawab dan memiliki komitmen yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu.
  • Cermat dan teliti dalam pekerjaannya.
  • Baik hati, loyal dan penuh perhatian kepada orang-orang di sekelilingnya bahkan kepada orang yang baru dikenalnya.
  • Suka menjaga ketertiban baik di rumah maupun di tempat kerjanya.

Tipe  ISFP

Kepribadian manusia tipe ISFP memiliki karakter yang melankolis. Adapun ciri-ciri dari kepribadian MBTI tipe ISFP adalah sebagai berikut.

  • Orangnya tenang, namun sensitif terhadap sesuatu.
  • Baik hati dan suka menghindari konflik atau perselisihan.
  • Lebih menyukai bekerja sendiri daripada bersama orang lain.
  • Berkomitmen pada prinsip yang dinilai penting untuk dirinya.
  • Tidak suka memaksakan prinsipnya kepada orang lain.

Tipe ISTJ

Kepribadian tipe ISTJ memiliki karakter sebagai berikut.

  • Teliti, tekun, dan handal dalam melakukan sesuatu.
  • Tanggung jawab, realistis, logis, serius, dan praktis dalam menjalani hidup.
  • Memilih untuk melakukan pekerjaan yang teratur dan tertib. Ia juga teratur dan tertib dalam menjalani hidup.

Tipe ISTP

Photo by Unplash@ Helena Lopes

Kepribadian MBTI tipe ISTP selalu mengedepankan hubungan sebab-akibat. Selain itu, seseorang tipe ISTP memiliki karakter sebagai berikut.

  • Fleksibel dan mudah toleran terhadap orang lain.
  • Orangnya tenang dan mampu menganalisis masalah dengan baik.
  • Memiliki keahlian mengolah fakta secara logis dan efisien.

Tipe ESFJ

Hampir sama dengan kepribadian MBTI tipe ISTP yang suka toleransi, ESFJ merupakan kepribadian manusia dengan karakter sebagai berikut.

  • Suku bekerja sama dalam upaya membentuk lingkungan yang harmonis.
  • Mudah memahami orang lain dengan mudah, bahkan ia berusaha untuk memenuhi kebutuhan orang lain jika diperlukan.
  • Memiliki sikap yang apa adanya dan realistis.

Tipe ESFP

Tipe ESFP merupakan kepribadian MBTI yang suka dengan hal – hal yang berbau realistis dan logis. Selain itu, tipe ini memiliki sifat yang fleksibel, spontan, mudah beradaptasi, bersahabat, dan ramah.

Tipe ESTJ

Photo by Unplash@ John Schnobrich

Kepribadian MBTI tipe ESTJ dikenal sebagai pribadi yang memiliki standar logika yang tinggi. Adapun ciri-ciri lainnya dari kepribadian ini adalah sebagai berikut.

  • Berorientasi pada fakta dan realistis.
  • Tegas dan praktis dalam menghadapi segala masalah.
  • Mampu membuat keputusan dengan cepat, namun terkadang ia suka memaksakan orang lain untuk mengikuti rencananya.

Tipe ESTP

Kepribadian manusia tipe ESTP ini dikenal dengan orang yang tidak menyukai teori, bahkan ia menganggap teori terlalu membosankan. Sosok ESTP lebih menyukai mengerjakannya secara langsung daripada berteori. Namun, ia fleksibel dan bisa diajak komunikasi dengan baik.

Baca artikel kami lainnya: Memahami Emosi Manusia Lebih Dekat Berdasarkan Ilmu Psikologis

Itulah 16 kepribadian MBTI yang mungkin salah satunya adalah kepribadianmu. Penasaran dengan kepribadianmu bedasarkan Tes MBTI? Kamu bisa melakukan tes psikologi online. Namun, jangan terlalu berpatokan kepada tipe kepribadian itu karena kepribadian manusia bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan riset, karakter dan kepribadian manusia bisa berubah lima hingga sepuluh tahun ke depan. Hal tersebut karena perkembangan zaman dan pengalaman hidup. Oleh karena itu, jadikan tes MBTI sebagai alat untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri supaya kamu mampu menyikapi hidup dengan bijaksana.

Comment